Assalamualaikum... Selamat Datang...

17 Februari 2009

Tabrakan dua kapal selam di Atlantik

Satu kapal selam nuklir milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris terlibat dalam tabrakan dengan kapal selam nuklir milik Prancis di tengah samudra Atlantik, demikian menurut berbagai laporan.

bbcDipahami, HMS Vanguard milik Inggris dan Le Triomphant milik Prancis mengalami kerusakan berat dalam tabrakan yang terjadi di lautan bebas awal bulan ini.

Walaupun dilengkapi dengan sonar, tampaknya kedua kapal selam ini tidak berhasil mendeteksi keberadaan kapal lainnya, demikian menurut wartawan BBC Caroline Wyatt yang melaporkan masalah ini.

Kementrian pertahanan Inggris tidak mau mengomentari laporan ini, tetapi menegaskan bahwa tidak ada keamanan nuklir yang dilanggar.

Wartawan BBC urusan keamanan mengatakan HMS, dengan "kerusakan seperti bengkok dan tergores yang jelas terlihat", harus ditarik kembali ke pangkalannya di Faslane, Firth of Clyde. Kedua kapal selam ini 'dilengkapi dengan senjata serius, kata Caroline Wyaat.

Kedua kapal selam ini adalah bagian penting dari upaya masing-masing negara dalam persenjataan nuklir dan seharusnya membawa rudal-rudal, walaupun Prancis dan Inggris sama-sama menegaskan bahwa tidak ada bahaya terjadinya kecelakaan nuklir.

Kedua kapal selama yang panjangnya sekitar 150 meter membawa sekitar 240 awak dalam masing-masing kapal itu.

Seorang jurubicara angkatan laut Prancis mengatakan, tabrakan itu tidak menimbulkan korban cedera apapun terhadap awak kapalnya.

Le Triomphant berpangkalan di L'Ile Longue, dekat Brest, Prancis Barat Daya. HMS Vanguard tiba kembali di pangkalannya di Faslane hari Minggu malam kemarin.

Satu lembaga bernama The Campaign for Nuclear Disarmament atau Kampanye Perlucutan nuklir menggambarkan tabrakan ini sebagai 'mimpi buruk nuklir yang paling tinggi tingkatnya".

Ketua organisasi ini, Kate Hudson mengatakan: "Tabrakan dua kapal selam, keduanya memiliki reaktor nulir dan senjata nuklir di atas kapal, bisa melepaskan radiasi dalam jumlah besar dan menyebarkan hulu ledak nuklir di dasar laut."

Sumber : BBC Indonesia



Infogue.com
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

0 komentar:

Next previous home

Pengikut

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP